Rabu, 18 November 2009

Aerobic yuk

Hai dear, Fiuh hunting tempat2 aerobic di surabaya yuk. Bingung juga neh. soalnya banyak banget, mulai dari yg kelas kakap (alias mahal) ampe yg murah (alias kelas tukang becak) xixixi..
Whatever lah, yg penting olahraga, dan sehat.

ketik sana sini, hunting sana sini, survei sana sini akhirnya zw nemu juga tuh tempat aerobic. jadi tempat ini adl sebuah sanggar senam gt deh, yg over all dihuni cewek, dan jelas banget di palang pintu 'COWOK dilarang MASUK' :D.
Hemm namanya Sanggar senam griya hapsari. bertempat di Jl. Darmo kali No 62 surabaya.

O iye, pertama kali masuk, kena biaya pendaftaran 30 rb, trus zw ambil paket 2x seminggu 60 rb/Bulan. Disono juga ada alat2 fitnes lho, ada treadmill, alat untuk otot dpn belakang, alat untuk shitup. Sayangnya, kagak ada instruktur fitnesnya, yahh anggap aja milik pribadi learning by doing aja deh.



Cha Dut Variasi Penghilang Jenuh

RASA jenuh berkepanjangan rawan berakibat stres. Padahal, intensitas aktivitas sebagian warga evergreen menurun drastis ketimbang ketika masih belia. Hal itulah yang sering memunculkan kejenuhan.

Salah satu hal yang mudah dan aman dilakukan warga evergreen adalah bersenam. Memang, ada berbagai senam yang dapat dipilih oleh orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan. Bila kondisi badan tidak kuat melakukan senam yang berat, pilihannya senam ringan.

Senam cha dut, misalnya. Meski tergolong ringan dan sederhana, gerakan-gerakannya mampu membuat seseorang bahagia. ''Senam ini merupakan gabungan dari gerakan cha-cha dan goyang dangdut,'' kata Erna Maya Shintia, instruktur senam di Sanggar Senam Griya Hapsari, kawasan Darmo Kali. Gerakan-gerakannya, tambah Maya, bisa divariasi sendiri.

Berbeda dengan senam aerobik yang berat, senam cha dut tergolong mudah dengan gerakan jalan di tempat dan diiringi musik pilihan. Gerakan dalam senam tersebut, lanjut dia, bisa dilakukan siapa saja. Terutama bagi warga evergreen yang tidak senang dengan gerakan rumit dan sulit.

Karena itu, senam tersebut digandrungi ibu-ibu yang usianya sudah memasuki kepala lima. ''Plus, risiko cedera dalam senam ini hampir tidak ada. Kemungkinannya sangat kecil,'' ujarnya. ''Kalaupun terjadi cedera, mungkin mereka tidak melakukan pemanasan dengan benar,'' sambungnya.

Nah, setiap hendak melaksanakan senam, instruktur yang akrab disapa Maya itu menganjurkan peserta untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya, otot menjadi lemas dan mudah digerakkan.

Menurut Maya, banyak manfaat yang didapat warga evergreen dari senam cha dut. Salah satu di antaranya, postur tubuh menjadi indah dan tegap saat berjalan. Hal itu didapat berkat latihan yang teratur sesuai dengan keinginan hati serta niat yang kuat.

Biladitilik dari urutan gerakan, pemanasan bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, melemaskan otot kaki, dan leher. Supaya, tidak terjadi ketegangan ketika seseorang melakukan gerakan senam.

Selanjutnya, gerakan yang difokuskan pada perut dan pinggang berfungsi memperkuat otot di daerah tersebut. Sedangkan gerakan untuk tangan dan kaki bermanfaat menarik badan ke atas supaya mencapai titik kelenturan maksimal. Gerakan yang benar akan dirasakan pada bagian badan dan kaki. Karena, kedua bagian tersebut yang mengalami peregangan.

Senam pada bagian memutarkan badan berfungsi menjaga keseimbangan. Pada sesi menari, sekaligus untuk melatih kelenturan otot tangan. Tapi, juga bermanfaat untuk menjaga bentuk badan indah.

Keuntungan lain, hati bahagia. Sebab, gerakan-gerakannya dibuat indah dan mudah ditiru seperti orang yang bergoyang. Digabung dengan kelincahan kedua kaki bergerak ke kanan dan kiri layaknya orang yang sedang melakukan cha-cha. ''Senam ini juga dapat menguatkan jantung dan paru-paru,'' katanya.

Ditambahkannya, meskipun tidak ada gerakan melompat, senam cha dut tetap dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh yang sangat penting itu. Sebab, gerakannya sangat dinamis. Terus-menerus dengan kombinasi yang serasi. Seluruh badan bergerak sehingga tidak terasa kaku. Lemak di badan pun bisa hilang sehingga berat badan bisa berkurang. ''Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, para peserta harus paham tentang hal-hal khusus dalam senam tersebut,'' kata Maya.

Di antaranya, pemilihan sepatu yang benar dan nyaman dikenakan. Hal itu wajib diperhatikan. Apalagi, alas kaki merupakan alat utama. Harapannya, sepatu ikut menunjang gerakan tubuh agar selalu tepat. Jika sepatu sudah tidak nyaman, gerakan yang benar akan sulit dihasilkan. Maka, hasil dari senam juga tidak dapat diperoleh secara maksimal. (may/nda)

Pemanasan

Jalan di tempat dan menggerakkan kepala seperti gerakan cha-cha. Posisikan kaki kanan dan kiri terbuka sebagai tumpuan. Mulai langkahkan kaki ke depan dan belakang berulang-ulang diiringi gerakan kepala yang ringan. Lakukan sebanyak 2 kali 8 hitungan.

Gerakan Perut-Pinggang

Tarik tangan kiri ke depan, tangan kanan ke atas, dan kaki kanan ke belakang. Gerakkan badan ke kiri dan ke kanan dengan titik berat pada perut dan pinggang. Ulangi gerakan hingga mencapai 4 kali 8 hitungan.

Gerakan Tangan dan Kaki

Angkat kedua tangan ke atas diikuti dengan langkah kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 kali 8 hitungan.

Menari

Tangan bergerak, tubuh mengikutinya sambil bergerak sesuai dengan irama

Melangkah ke Samping dan Berputar

Gerakkan tangan dan langkahkan kaki ke samping sambil berputar sebanyak 4 kali 8 hitungan.

Pendinginan

Tarik tangan ke atas hingga perut. Perut dilemaskan dengan menarik napas dari hidung dan buang melalui mulut. Kaki angkat ke atas hingga jinjit. Lakukan berulang-ulang sesuai dengan kekuatan. Kemudian, gerakkan leher ke samping kanan dan kiri. Pandangan lurus sesuai dengan gerakan tangan.


Body Fit, Senam Minim Cedera, Gerakan Sederhana untuk Tubuh Bugar

Menentukan jenis olahraga bagi perempuan yang sudah berusia 50 tahun ke atas bukanlah hal mudah. Kemampuan fisik yang menurun menjadi alasan utama. Untuk itu, harus dipilih olah tubuh dengan gerakan sederhana yang memiliki tingkat risiko cedera rendah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Salah satu jenis yang sesuai dengan kriteria seperti itu adalah senam body fit. Tidak ada gerakan yang membahayakan warga evergreen seperti melompat atau gerakan dengan ritme cepat.

''Senam ini aman karena gerakannya juga pelan-pelan. Disesuaikan dengan iringan musik lembut yang menjadi arahan,'' kata Erna Maya Shintia, instruktur body fit di Sanggar Senam Griya Hapsari, kawasan Darmo Kali.

Untuk membantu melancarkan gerak, senam itu dilakukan dengan bantuan beberapa alat ringan. Antara lain, tongkat kayu, bola, ataupun barbel dengan berat maksimal satu kilogram. Tujuannya, ada tumpuan yang kuat. Selain itu, untuk memaksimalkan hasil pembentukan. ''Supaya semua otot-otot yang dilatih kena,'' ujarnya.

Pada dasarnya, gerakan body fit hampir sama dengan body language. Hanya, body fit lebih sederhana dan ringan. Juga, mudah diikuti dan dilakukan di mana saja. ''Fokus utama untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran. Karena itu, gerakan dibuat ringan,'' terangnya.

Meski ringan, senam body fit mampu mendatangkan manfaat maksimal untuk kesehatan. Gerakannya dapat memperlancar peredaran darah. Dengan begitu, rasa pegal, linu, maupun keluhan sakit yang lain dapat teratasi. Bahkan, sebagaian peserta menyatakan justru badannya merasa pegal-pegal jika tidak ikut senam. ''Meskipun pekerjaan banyak, saya tetap ikut latihan. Supaya badan bugar, tidak capek,'' komentar Setyary Pangastuti, salah seorang peserta. ''Setelah senam, tidur pun jadi pulas,'' sambung perempuan berusia 50 tahun itu.

Body fit juga bermanfaat memancarkan kecantikan wanita dari dalam. Sebab, senam tersebut juga memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan seperti pengencangan otot kewanitaan. Ada juga gerakan keseimbangan untuk membantu agar pesenam memiliki postur tegak yang bagus dan tidak bungkuk. ''Jadi, saat berjalan, mereka terlihat anggun,'' ucap Erna Maya.

Senam body fit dapat dilakukan seminggu tiga hingga lima kali. Durasinya 15 menit sampai 25 menit, bergantung kekuatan para peserta. Misalnya, jika dalam waktu 15 menit mereka sudah merasa cukup, senam dapat dihentikan. Asalkan, mereka sudah mendapatkan kebugaran.

Gerakan-gerakan dalam senam memang dapat membuat tubuh bugar karena titik-titik otot atau syarat yang biasanya sering lelah diperhatikan. Pembentukan dilakukan pada bagian badan secara keseluruhan. Mulai lengan, kaki, paha, paha bagian depan, belakang, perut, punggung hingga otot kewanitaan. (may/ayi)

Pemanasan.

Gerakan pemanasan pada body fit untuk warga evergreen cukup mudah. Badan berdiri tegak, angkat tangan yang memegang tongkat ke atas tarik lurus, kemudian diayunkan ke belakang, tarik lagi ke depan dada. Tarik ke bawah sambil membungkukkan badan dengan perut ditekan. Selain melemaskan otot, gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan lengan, payudara, dan perut. Masing-masing gerakan dilakukan 4 x 8 hitungan.

Gerakan inti keseimbangan kaki.

Tongkat tetap dipegang dengan kedua tangan. Buka kaki selebar bahu, tarik kaki kanan ke belakang sambil tongkat diayunkan ke atas dan belakang dengan hitungan 4 x 8. Lakukan hal yang sama untuk kaki kiri. Tujuannya, agar keseimbangan badan terjaga saat senam dan melatih warga usia 50 tahun ke atas dapat berjalan dengan tegak.

Gerakan inti pinggang.

Selain mengencangkan otot pinggang, gerakan inti bermanfaat menghilangkan lemak yang tertimbun di samping kanan dan kiri pinggang. Agar mendapatkan hasil maksimal saat menarik tangan ke samping, usahakan pinggang juga tertarik maksimal. Cukup berdiri tegak dan menarik tangan yang memegang tongkat ke kiri dan kanan dengan hitungan masing-masing 4 x 8.

Gerakan inti paha.

Angkat paha ke atas setinggi perut, lalu turunkan dan angkat lagi. Dapat dilakukan sebanyak 4 x 8 hitungan secara bergantian (kanan dan kiri). Saat mengangkat, diikuti gerakan tangan supaya tubuh bagian atas tetap bergerak beraturan dan tangan juga kencang.

Gerakan inti paha bagian dalam.

Untuk mendapatkan kekencangan otot paha bagian dalam, ini dapat dilakukan dengan membuka kaki selebar badan, lalu lutut tekuk, angkat (berdiri), dilakukan berulang-ulang sebanyak 4 x 8 hitungan. Tangan yang memengang tongkat tarik ke atas lurus.

Gerakan inti paha bagian belakang dan pantat.

Tarik kaki lurus ke belakang ayunkan ke atas sebanyak 4 x 8 hitungan. Bergantian antara kaki kiri dan kanan. Gerakan dapat diiringi dengan gerakan tangan ke atas memakai tongkat.

Gerakan inti kencangkan otot pinggul dan rahim.

Putar pinggul ke kiri dan ke kanan. Masing-masing 4 x 8 hitungan. Saat diputar, pinggul dalam keadaan kencang. Perut juga dikencangkan termasuk juga pantat. Setelah diputar, gerakan dapat dilakukan dengan menarik ke depan dan ke belakang dalam posisi kontraksi seperti senam kegel.

Gerakan inti punggung dan lengan belakang.

Kaki ditarik ke samping kanan dan kiri sambil tangan diayunkan ke belakang tarik hingga dada mebusung ke depan. Tekuk tangan ke kanan dan kiri. Lakukan berulang-ulang sebanyak 4 x 8 hitungan supaya pegal di punggung hilang dan otot bagian lengan belakang tidak kendur.

Gerakan inti perut.

Badan condong ke depan, panjangkan tangan ke depan, tarik ke dalam sambil perut ditekan dan keseimbangan dijaga. Laksanakan sebanyak 4 x 8 hitungan dengan pelan-pelan.

Pendinginan.

Berdiri dengan kaki lurus dan rapat. Tarik tangan ke atas, lalu ke samping kanan dan kiri. Tarik ke atas lagi, dorong ke depan, bawa ke bawah hingga menyentuh kaki tarik ke atas. Sambil tarik napas dan buang napas. Lakukan hingga 4 x 8 hitungan. Lanjutkan dengan gerakan memutar bahu dan melemaskan otot dengan menarik ke atas bawah.

---

Senam Body Fit:

Cocok untuk warga evergreen karena tidak berisiko cedera.

Senam ini mampu menjaga kesehatan dan kebugaran badan karena memperlancar peredaran darah.

Dapat dilakukan di rumah atau saat waktu senggang. Dengan memakai alat-alat ringan seperti tongkat kayu, bola, ataupun barbel berberat maksimal satu kilogram.

Durasi senam mulai 15 hingga 25 menit.

Bertujuan membentuk tubuh dengan menekankan pada titik penting.

2 komentar:

  1. tq infonya Sis
    senam Body Fit Bertujuan membentuk tubuh dengan menekankan pada titik penting, titik penting ini apa ya?
    dan apakah sista mengetahui info tetang model dan merk baju senam wanita yang paling diminati saat ini? trims

    salam bugar :)

    BalasHapus
  2. salam kenal sis...
    apakah senam ini boleh di ikuti ibu hamil?... .. .
    dan klo untuk baju senam yg cocok untuk ibu hamil itu yg seperti apaya?
    makasih infonya... .. . .

    BalasHapus